Kamis, 21 Februari 2013

Wisata Kuliner dan Wisata Belanja Kota Banda Aceh



  • Wisata Kulinr A

    Mie Aceh:
     Mie Aceh Razali sangat terkenal di kalangan wisatawan, lokasinya tidak jauh dari tempat kami menginap yaitu di Jalan T Panglima Polem, Banda Aceh (dekat Hotel Sulthan).
    Namun menurut pak Sopir sudah tidak seenak sebelum tsunami, sehingga kami memutuskan  mencoba Mie Turis yang terletak di Jl. T Nyak Arif, Simpang Peurada, Banda Aceh. Dan seketika itu saya langsung terpesona dengan citarasanya, bumbu yang mantap, gurih, dan spicy, bahkan sampai sudah kembali ke Bogor saya masih “ngidam” Mie Aceh.
  • Ayam Tangkap: Ayam tangkap merupakan makanan khas aceh yang terbuat dari ayam yang di potong kecil-kecil, di goreng dengan bumbu rempah-rempah dan beraneka macam daun seperti daun kari, potongan daun pandan, salam koja juga potongan cabai hijau.  Kami menikmatinya di RM Khas Aceh Rayeuk. Selain ayam tangkap yang enak dan gurih, RM ini juga menyajikan dendeng sapi yang sangat enak.
  • Dendeng: Seorang teman berbaik hati mengirimkan Dendeng Aceh Gunong Seulawah yang sangat terkenal sebagai oleh-oleh dari Aceh, entah saya yang tidak bisa memasaknya tapi dendeng yang kami makan di RM Aceh Rayeuk jauh lebih enak. Karena rasanya yang enak dan tidak mau repot mampir-mampir lagi ke toko oleh-oleh, kami membeli oleh-oleh dendeng di RM Aceh Rayeuk.
  • Roti Canai: Canai Mamak Kuala Lumpur yang terletak di Jalan Teuku Umar menjual makanan dan minuman khas melayu seperti roti canai, roti kari, nasi briyani, dan teh tarik.
  • Warung Kopi Ulee Kareng: Warung kopi Ulee Kareng “Jasa Ayah” yang berada di Jalan T. Iskandar no.13-14a Ulee Kareng dan Warung Kopi Solong adalah tempat minum kopi yang legendaris di Banda Aceh. Angkutan umum yang lalu lalang melewati lokasi ini, seperti: taxi, becak mesin dan labi-labi. Labi-labi yang melewati rute Warung Kopi Ulee Kareng adalah jurusan Ulee Kareng – Pasar Aceh.
  • Souvenir dan Kaos Aceh
    Toko Souvenir Mr.Piyoh:Kami mendapatkan informasi toko Mr.Piyoh dari teman perjalanan di Kapal yang menggunakan kaos Sabang dengan kualitas bagus. Ternyata kaos Sabang hanya dijual di toko Mr.Piyoh yang ada di Sabang, sayang sekali kami sudah melewatkan Sabang. Penasaran dengan koleksi Mr.Piyoh, sembari menuju bandara kami mampir ke toko kecil yang berada di tepat di samping Warung Kopi Solong. Pemiliknya masih muda, namanya Hijrah Saputra. Selain menjual kaos dengan tema yang unik tentang Aceh, Mr.Piyoh juga menjual cenderamata kecil semacam pin, gantungan kunci dan boneka yang dikemas menarik. Dari toko ini pula saya memperoleh peta wisata sabang. Contact Mr.Piyoh: FB – Hijrah Saputra Yunus | Twitter – @hijrahheji | websitewww.piyoh.blogspot.com 
  • Lhong Raya Souvenir: Toko ini menjual berbagai macam oleh-oleh khas Aceh seperti tas, sajadah, kaos, bross, dan kopi. Koleksinya sangat lengkap dan harganya lebih murah dari toko souvenir yang kami jumpai di Sabang. Lhong Raya Souvenir berada di Jalan St.Malikul Saleh no.58, telepon +62 651 21357. Penjualnya sangat baik, mungkin karena temen deket pak sopir kami yang mengejar waktu menuju pelabuhan Ule lheu diperbolehkan belanja sebelum toko tersebut buka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar