Kamis, 21 Februari 2013

Obyek Wisata Banda Aceh II



Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom: Nama lain Air Terjun Suhom adalah Air Terjun Lhoong atau Krueng Kala,  Air terjun ini memiliki sumber air dari sebuah perbukitan dengan tumpahan airnya sekitar 20 meter. Posisi air terjun ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak pohon durian, sehingga pada musim durian banyak yang berjualan durian di sekitar air terjun. Di samping itu, di sekitar air terjun juga terdapat lokasi yang dapat digunakan untuk berkemah (camping).

Air terjun Suhom terletak di Desa Suhom dan Desa Kreung  Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, kurang lebih 75 Km sebelah barat Banda Aceh atau sekitar 3 km dari jalan raya antara Banda Aceh dengan Calang, Aceh Jaya.  Untuk mencapai Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dan memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Perjalanan ke sana melalui rute Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan Kecamatan Leupung.  Sepanjang perjalanan dari Banda Aceh menuju ke lokasi air terjun, terhampar pemandangan yang menakjubkan dengan keindahan yang luar biasa, deburan ombak  dan pasir putih terlihat dekat
Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk: Pantai Lampuuk menjadi tempat favorit saya di Aceh. Lokasinya berdekatan dengan pantai Lhok Nga sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pasir putih, perbukitan di sekitar pantai, pepohonan di pinggir pantai dan ombak yang tidak begitu besar benar-benar membuat saya betah. Di pantai ini para wisatawan dapat berenang, berjemur, memancing, naik banana boat atau hanya sekedar duduk cantik. Di sore hari pantai ini menyajikan pemandangan indah matahari terbenam. Tidak jauh dari pantai Lampuuk terdapat Padang Golf Seulawah dengan latar belakang panorama laut.
Pantai Lhok Nga
Pantai Lhok Nga: Bagi anda yang pernah membaca novel karya Tere Liye dan atau menonton Hafalan Shalat Delisa pasti sudah sangat mengenal Pantai Lhok Nga, Delisa seorang gadis kecil bermata Hijau korban tsunami Aceh mengambil latar belakang kisah di Lhok Nga. Tapi sepertinya kami tidak bertemu gadis bermata hijau di Lhok Nga, menurut beberapa info gadis bermata biru, hijau, coklat berada di Meulaboh. Lokasi Pantai Lhok Nga yang berada di pinggir jalan raya Banda Aceh – Calang  (Aceh Jaya) membuat pantai Lhok Nga ramai pengunjung. Di pantai ini para pengunjung dapat berenang, berjemur, memancing, berselancar atau hanya duduk-duduk di gubug sambil menikmati kelapa muda. Di sebelah kiri pantai Lhok Nga (jika kita menghadap ke laut) terdapat pabrik semen Andalas. Bahan baku utama pembuatan semen berasal dari pegunungan kapur yang berada tidak jauh dari pabrik, hasilnya langsung di kapalkan melalui darmaga dekat pantai Lhok Nga. Waktu terbaik menikmati pantai Lhok Nga adalah saat matahari terbenam/sunset. di sepanjang jalan, dan tampak pula barisan pegunungan yang tinggi dan  indah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar